UJIAN NASIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Kode : 6045
Alokasi
Waktu : 20
jam
Bentuk Soal : Penugasan
Perorangan

I. PETUNJUK
UMUM
1.
Anda adalah Sekretaris PT. SARANA PRODUKSI JAYA , Jalan Pahlawan No.
104, Surabaya ( 60174 ), Telp (031) 70886633, Faks. (031) 70886644
Pimpinan
anda bernama Bapak
Ir. Raihan Baskoro . Beliau menjabat
sebagai Kepala Devisi Umum.
Perusahaan
anda bergerak di bidang percetakan, peralatan kantor dan distribusi majalah.
2.
Dokumen soal ujian praktik ini
terdiri dari 9 pekerjaan,
yaitu:
a. Mengetik kecepatan
b. Membuat surat Bahasa
Indonesia dan Bahasa Inggris
c. Mengatur
pertemuan rapat
d. Menangani arsip
e. Mengelola kas kecil
f. Menangani
perjalanan bisnis
g. Mencari informasi
melalui internet
h. Menangani telepon
i.
Melakukan presentasi
3.
Sebelum mengerjakan tugas,
bacalah setiap item tugas dengan cermat dan teliti
4.
Periksa seluruh kelengkapan
soal pada setiap tugas, jika tidak lengkap segeralah melapor kepada pengawas
ujian
5.
Kerjakan tugas yang paling
mudah terlebih dahulu
6.
Jangan lupa untuk selalu
mencantumkan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
7.
Periksa kembali hasil pekerjaan
sebelum menyerahkan kepada pengawas ujian
ii. Keselamatan Kerja
1.
Perhatikan unsur-unsur
keselamatan kerja selama anda mengerjakan soal ujian praktik ini.
2.
Laporkan jika terdapat
kerusakan atau hal lain yang terjadi di luar semestinya kepada pengawas ujian
III. DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN
No.
|
Nama
Alat/Komponen/Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Alat Tes /Alat tangan
|
||||
1.
|
Komputer
|
Pentium 4
|
Disesuaikan
|
|
2.
|
Printer
|
Standar
|
Disesuaikan
|
|
3.
|
Internet
|
Jaringan cepat
|
Jaringan
|
|
4.
|
Perforator
|
Disesuaikan
|
||
5.
|
Stapler
|
Disesuaikan
|
||
6.
|
LCD/Infocus
|
1
|
||
7.
|
Kalkulator
|
Disesuaikan
|
||
8.
|
Telepon
|
Disesuaikan
|
||
9.
|
Gunting
|
Disesuaikan
|
||
10.
|
Stopwatch
|
1
|
||
11.
|
Catridge toner
|
1
|
||
Komponen
|
||||
1.
|
Map snelhecter
|
Ukuran A 4
|
2
|
1 untuk arsip dan 1 untuk kas kecil
|
2.
|
Guide
|
Bufallo warna
|
Disesuaikan
|
guide untuk arsip dan guide untuk kas kecil
|
3.
|
Kalender Meja
|
Tahun 2015
|
1 / siswa
|
|
4.
|
ATK
|
Disesuaikan
|
||
Bahan
|
||||
1.
|
Kertas HVS
|
A4
|
13 lembar
|
Untuk
setiap siswa
|
2.
|
Amplop
|
Persegi
panjang
|
3 buah
|
|
3.
|
Form buku agenda tunggal
|
1 lembar
|
||
4.
|
Lembar perjalanan bisnis pimpinan
|
1 lembar
|
||
5.
|
Form bukti penerimaan kas kecil
|
2
|
||
6.
|
Form bukti pengeluaran
kas kecil
|
17
|
||
7.
|
Form laporan kas kecil
|
1
|
||
8.
|
Lembar Pesan Telepon ( LPT )
|
1
|
||
9.
|
Block Note
|
1
|
IV. SOAL / TUGAS
TUGAS 1 : KECEPATAN MENGETIK
1.
Petunjuk Kerja
a.
Kerjakan
tugas berikut ini dengan menggunakan aplikasi word processing
b.
Bila
ada masalah dengan alat atau naskah, tanyakan kepada penguji
c.
Ketiklah
naskah pemanasan dengan waktu 5 menit
d.
Ketiklah
naskah kecepatan dengan baik dalam waktu 15 menit
e.
Cetak
naskah dalam waktu 5 menit
f.
Manfaatkan
waktu dengan sebaik-baikya
2.
Peralatan dan bahan yang diperlukan
a.
Komputer dengan aplikasi word
processing
b.
Printer
c.
Stapler
kecil
d.
Staples
e.
Stopwatch
untuk penguji
f.
Kertas
HVS A4
g.
Catridge/toner
3.
Alur Kegiatan
a.
Mempersiapkan
alat dan bahan (ATK) yang akan digunakan
b.
Latihan
pemanasan selama 5 menit dipandu oleh penguji
c.
Mengetik
kecepatan dilakukan secara bersama-sama, oleh karena itu perlu diperhatikan aba
– aba penguji
d.
Setelah
selesai mengetik segera mencetak dan hasilnya serahkan penguji
e.
Gunakan
jarak spasi 1,5
f.
Font
Calibri
g.
Font
size 12
4.
Hasil yang diharapkan
a.
Kecepatan mengetik mencapai 125 s.d 300 epm
b.
Ketelitian mencapai 92 %
NASKAH PEMANASAN KECEPATAN
MENGETIK
Dalam menunjang aktifitas dan tujuan organisasi,
setiap organisasi baik swasta maupun pemerintah memerlukan administrasi yang
baik. Semua kegiatan administrasi dalam suatu perkantoran mempunyai peranan
penting dalam pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan dan juga membantu
dalam kelancaran pekerjaan. Administrasi perkantoran ditinjau dari sudut ilmu
berinduk pada administrasi. Pekerjaan kantor adalah suatu kegiatan kesekretariatan
dan administratif, segala sesuatu yang berkaitan dengan catat mencatat,
melakukan perjanjian, memfasilitasi pertemuan, memberikan laporan, menyusun
dokumen, menyimpan dokumen, mengirimkan surat dan sebagainya. Untuk keperluan
tersebut, terbentuk suatu jalinan komunikasi formal maupun informal.
Disamping itu, komunikasi yang efektif dan efisien juga merupakan faktor
penting dalam pelaksanaan pekerjaan kantor
Kantor adalah tempat diselenggarakannya kegiatan yang
berkaitan dengan informasi. Kantor juga merupakan tempat dari proses
penanganan informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, meminjam,
sampai menyalurkan / mendistribusikan informasi.
(Bila waktu masih ada kembali ke pengetikan awal)
NASKAH
KECEPATAN MENGETIK
PEKERJAAN KANTOR
Pekerjaan kantor ( Office work ) dalam bahasa Inggris
disebut juga pekerjaan administrative ( clerical work ). Pekerjaan dapat
dirumuskan dengan baik melalui pemahaman secara detail apa, maksud, dan
hubungan antara aspek- aspek yang berhubungan seperti nama pekerjaan,
perlengkapan pekerjaan, persyaratan fisik dari pekerjaan ( misalnya ruang kerja, penerangan,
pencahayaan dll ), persyaratan pekerjaan misalnya pendidikan, pengetahuan,
keterampilan, kepribadian menarik dll, serta hubungan pekerjaan tersebut
dengan pekerjaan lainnya. George R.
Terry, pekerjaan kantor meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan
pembuatan warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk
meringkaskan banyak hal dengan cepat, guna meyediakan suatu landasan fakta
bagi tindakan pengawasan pimpinan. Geoffrey
Mills dan Oliver Standingford, pekerjaan kantor yaitu lebih menekankan
kepada fungsi kantor. Pekerjaan kantor memiliki beberapa fungsi yaitu
memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk
mencapai tujuan organisasi, menyediakan informasi bagi pimpinan organisasi
untuk membuat keputusan dan membantu kelancaran perkembangan organisasi
secara keseluruhan.
Bekerja adalah melaksanakan suatu kegiatan. Namun
kegiatan yang dimaksud terfokus untuk mencapai suatu tujuan yang telah
ditentukan sebelumnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan mengikuti perencanaan
dan prosedur kerja yang telah ditetapkan.
Bagi seorang pegawai kantor bekerja adalah suatu
kegiatan / tugas dengan berpedoman pada prosedur yang dilakukan dengan proses
kerja sama, karenanya setiap pegawai kantor terkait pada prosedur kerja.
Prosedur kerja merupakan rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain,
sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang
harus ditempuh dalam rangka penyelesaian
sesuatu bidang tugas. Dan dalam pelaksanaan pekerjaan
sering dijumpai kendala – kendala yang dapat mempengaruhi kelancaran
aktifitas kerja. Diantaranya dapat berupa system, prosedur atau cara kerja
yang kurang efisien dalam melaksanakan pekerjaan kantor. Dengan demikian
pekerjaan kantor merupakan wujud dan mekanisme administrasi sebuah organisasi
yang bertujuan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi kerja sehingga mana
yang penting dan tidak penting dipilah – pilah menjadi beberapa prioritas
yang terpenting. Tujuannya agar pekerjaan yang serupa tidak bertumpuk dan
seimbang dengan prioritas yang semestinya.
Prinsip – prinsip dalam tata kerja, prosedur dan sistem
kerja yang saling berhubungan, Tata kerja, prosedur dan sistem kerja disusun
dengan mengacu pada tujuan, fasilitas, peralatan, material, biaya dan waktu
yang tersedia. Tidak lupa luas pekerjaan, macam, dan sifat tugasnya juga
harus diperhatikan. Prosedur kerja disusun bukan berdasarkan kuantitas tenaga
kerja yang ada, melainkan berdasarkan skill kualitas pekerja yang dibutuhkan
untuk dapat menyelesaikan bidang kerja tertentu. Penyusunan sistem, prosedur,
dan tata kerja harus sesuai degan kemajuan zaman dan teknologi ( updatednes
). Biasanya dalam menggambarkan penerapan suatu prosedur digunakan
tanda-tanda atau symbol dan skema / bagan setepat-tepatnya. Bagan ini disebut
skema arus kerja ( work flow chart ) atau skema proses kerja ( work prosedur
chart ).
Selain itu, untuk memastikan penerapan tata kerja,
prosedur dan sistem kerja maka harus ada buku manual sebagai pedoman segala
sesuatu yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
(Bila waktu masih ada kembali ke pengetikan awal)
|
72
137
204
275
345
413
483
544
611
675
744
808
671
937
999
1061
1124
1134
66
136
200
263
330
396
456
523
586
653
720
789
851
913
972
1038
1102
1165
1211
1276
1343
1408
1449
1512
1575
1638
1702
1768
1830
1889
1951
2015
2075
2140
2199
2263
2326
2390
2423
2486
2550
2616
2678
2739
2805
2868
2933
2997
3065
3132
3200
3224
3285
3348
3400
|
TUGAS
2 a :
MEMBUAT SURAT BAHASA INDONESIA
1. Petunjuk Kerja
1.
Anda diminta untuk membuat surat Bahasa
Indonesia tentang penawaran produk
perusahaan anda berupa Digital Scanner Printer yang terbaru, “ Printer All in
one / Multifunction, harga murah dan maksimal “ dari beberapa merk kepada
pelanggan Bapak Drs. Andi Pesesa, SE
sebagai Kepala Devisi Sarana PT. WIRA KARYA EXPRESS yang
berlamat di Jl Embong Malang III / 207b Surabaya (60275). Sebagai kelengkapan sertakan
spesifikasi dan daftar harganya.
2.
Ketiklah
surat tersebut
3.
Barang
– barang yang ditawarkan adalah sebagai berikut :
No.
|
Nama
Barang
|
Merk
|
Harga
lama
Rp.
|
Harga
baru
Rp.
|
1
|
Printer
|
HP Officejet Pro 6830 e-All-in-one
|
2.574.000-3%
|
2.480.000
|
2
|
Printer
|
Epson Printer ( M 200 )
|
2.482.000-1%
|
2.436.000
|
3.
|
Printer
|
Canon Pixma ( MG 6470 ) White
|
2.361.000-10%
|
2.119.000
|
4.
Pemesanan
s.d akhir bulan ini mendapat potongan 2 %
5.
Pembayaran
uang muka minimal 25 % dari harga pesanan, sisanya 2 minggu setelah barang
diterima
6.
Bagian
– bagian yang dianggap perlu, dipersilahkan untuk melengkapi sendiri.
7.
Anda
dianjurkan untuk membuat konsep terlebih dahulu
2. Alat dan Bahan
a.
Komputer
b.
Printer
c.
Kertas HVS ukuran A4
d.
Kop
surat
e.
Amplop persegi panjang
3. Alur Kegiatan
1.
Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.
Membuat surat dalam Bahasa Indonesia tersebut diketik dengan menggunakan
MS. Word dalam bentuk Official Style
3.
Tanggal surat 27 Februari 2015
4.
Nomor Surat .........................
5.
Sebelum dicetak simpan pada file anda
6.
Selesai dicetak, selanjutnya dilipat dengan model low standard fold dan dimasukkan ke dalam amplop.
4. Hasil yang diharapkan
1. Surat Bahasa Indonesia yang jelas, informatif
dan rapi
2. Surat Bahasa
Indonesia dalam bentuk Official Style, dilipat dalam
lipatan
Low Standard Fold dan
dimasukkan ke dalam amplop.
TUGAS 2b :
MEMBUAT SURAT BAHASA INGGRIS
1.
Instructions
Make
an order letter in official style complete with the envelope !
a. Date of the letter is March 5 th,
2015
b. The part of the letter must be
completed
c. The sender is Mr. Ir. Raihan
Baskoro ( PT. Sarana Produksi Jaya )
d. The purposes of the letter are :
1) To
order :
·
1 Paper screder GBC 21 CDX
·
1 Toshiba E. Studio 2051 C
·
2 Panasonic KX-FT 983 CX
2) Term of payment is 30% paid after the order arrived and 70 % will be
paid
within a month. Term of delivery is by
Plane.
3) For special attention, the order must be
arrived in four days
e. The
inside address, Creative Technology, Jl. Engku Putri Ruko Purimas Blok
A. 26 Batam Centre.
Tools
and Materials
a. Computer
b. Printer
c. HVS A4 with letter head
d. Envelope
Result hoped
The English letter is in Official Style
with Low Standard Fold Style and put
in an envelope.
TUGAS 3 : MENGATUR PERTEMUAN RAPAT
1. Petunjuk Kerja
a.
Buatlah surat
undangan kepada relasi yang diundang, agenda rapat dan daftar hadir rapat
sesuai dengan format yang lengkap dan benar
b.
Buatlah
surat pesanan reservasi ke hotel
tempat pelaksanaan rapat, untuk pesan ruangan meeting, penginapan sekaligus
lunch & coffee Break pada
saat rapat
c.
Ketik dengan
menggunakan aplikasi komputer Word Processing
2. Alat dan Bahan
a.
Komputer
b.
Printer
c.
Kertas HVS ukuran A4
d.
Kop
Surat
e.
Alat tulis lainnya
3. Alur Kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan bahan
yang diperlukan
b. Baca soal dengan cermat
c. Membuat surat undangan rapat dan
surat pesanan reservasi ke hotel pelaksanaan
rapat dengan
bentuk surat official style dilipat
dengan lipatan low
standard fold
d. Membuat agenda rapat secara
detail
e. Membuat daftar hadir rapat
sesuai dengan jumlah yang di undang
f. Sebelum dicetak simpan pada
file anda
g. Cetak hasil ketikan di kertas
HVS A4
4. Hasil yang diharapkan
a.
Surat
undangan rapat dan surat pesanan reservasi ke hotel yang tercetak dengan
pengkalimatan yang sesuai dan dilampiri
dengan agenda rapatnya.
b.
Daftar hadir
peserta rapat sesuai dengan jumlah yang diundang
MEMPERSIAPKAN RAPAT
Pimpinan
anda menginformasikan bahwa tanggal 11 -
13 Maret 2015 akan mengadakan rapat evaluasi pemasaran pada tri wulan pertama,
yang diundang rapat adalah Kepala Devisi Pemasaran cabang Mataram, Balik Papan,
Denpasar, Palembang dan Surabaya dan rencananya rapat akan diadakan di Sun
Island hotel Kuta, Jalan Kartika Plaza No 88 Kuta - Bali.
Sebagai
seorang Sekretaris Anda segera melakukan persiapan – persiapan sebelum rapat
diadakan, untuk itu anda segera membuat surat undangan kepada Kepala Devisi Pemasaran
seluruh cabang, selain itu anda juga membuat surat pesanan reservasi ke Manager
Sun Island hotel Kuta Bali untuk memesan kamar hotel dengan spesifikasi Deluxe
Room sebanyak 5 kamar, dan paket meeting ( 1 x lunch dan 2 x Coffe Break )
selama 3 hari dan tanggal 13 Maret 2015 pk 12.00 check out dan persiapkan
hal-hal yang terkait.
TUGAS 4 : MENANGANI ARSIP
1.
Petunjuk Kerja
a.
Saat
ini di meja anda ada 8
surat masuk
dan 6 surat keluar
b.
Baca
soal dengan cermat
c.
Telitilah
surat-surat tersebut untuk proses pencatatan
2.
Bahan dan Alat
a.
Format buku agenda
tunggal
b.
14
lembar surat
c.
Guide
(HVS Warna)
d.
Kertas
cover warna ( 2 macam ) untuk penanda surat masuk / surat keluar
e.
1
map snelhechter
f.
Perforator
g.
Stapler
h.
ATK
3. Alur
Kegiatan
1. Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2. Mencatat surat-surat
tersebut ke dalam format buku agenda tunggal
yang telah disediakan
3. Lanjutkan
untuk proses penyimpanannya ( arsip ) dengan menggunakan Sistem Nomor ( Numerical Filing System ) dengan
kode angka notasi sebagai berikut :
000 : Umum
100 :
Kepegawaian
200 :
Pemasaran
300 :
Operasional
4. Siapkan guide untuk diberi kode sesuai dengan
sistem yang digunakan
5. Setelah
dicatat dalam buku agenda tunggal
selanjutnya susunlah guide dan simpanlah surat-surat/arsip tersebut dalam map
snelhechter sesuai dengan sistem yang digunakan
4. Hasil yang diharapkan
a. Buku agenda tunggal
terisi dengan lengkap, benar dan rapi
b. Surat-surat
tersimpan dalam map snelhechter sesuai dengan Sistem Nomor
( Numerical Filing System )
Lampiran
Surat Masuk dan Surat Keluar sebagai berikut
:

Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031)
70886644
SURAT
KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
NO. 043/DU-SPJ/I/2015
Yang
bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
Ir. RAIHAN BASKORO
Jabatan : Kepala Devisi Umum
Menerangkan
dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :
Nama :
MEILANI HANDAYANI
Alamat : Jl. Kutilang No 49 Wonokromo
Surabaya ( 60243 )
Benar
telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 01 Maret 2007
sampai dengan 30 Januari 2015, dengan jabatan terakhir Sekretaris Kepala Devisi
Pemasaran.
Selama
menjadi karyawan kami, Saudari MEILANI HANDAYANI telah menunjukkan
dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah
melakukan hal- hal yang
merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya
sendiri.
Kami
berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa
yang akan datang.
Demikian
surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Surabaya, 01 Februari
2015

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum

Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031)
70886644
16 Februari 2015
Nomor : 56/DU-SPJ//II/2015
Yth. Saudari
Helena Candraningtyas
Jl. Musi No. 37
Malang ( 65123 )
Perihal :
Panggilan Wawancara
Dengan hormat,
Setelah kami
mempelajari surat lamaran Saudari yang di kirim beberapa waktu yang lalu, dengan
lamaran Saudari untuk menjadi tenaga Sekretaris di perusahaan kami, maka kami mengundang Saudari untuk mengikuti wawancara pada :
Hari/Tanggal : Rabu, 3 Februari 2015
Pukul : 09.00 s.d 11.00
Tempat :
Ruang Meeting Devisi Umum
PT Sarana
Produksi Jaya
Jl.
Pahlawan No, 104
Surabaya
( 60174 )
Kami
harap Saudari datang tepat waktu. Atas perhatian dan kerja sama Saudari, kami
sampaikan terima kasih.
Hormat
kami,

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum

Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031)
70886644
Nomor : 47/DU-SPJ/II/2015 5 Februari 2015
Kepada
PT.
COKRO ELEKTRONIK
Jl. Acmad Yani No. 23
Surabaya
( 60239 )
Perihal : Pengaduan Kesalahan Pengiriman
Mesin
Dengan hormat,
Kiriman
Saudara berupa beberapa mesin kantor atas pesanan kami pada beberapa waktu yang
lalu telah kami terima pada tanggal 03 Februari 2015.
Namun
sayang sekali setelah kami teliti semua, barang yang Saudara kirim adalah
binding machine sebanyak 5 buah. Sementara barang yang kami pesan, yaitu mesin
pemotong kertas sebanyak 5 buah tidak ada. Untuk itu kami mohon Saudara dapat
mengirimkan kekurangan tersebut, mengingat pelanggan kami sudah menunggunya.
Mengenai
kekurangan pembayaran tetap akan kami selesaikan sesuai dengan janji kami,
tetapi dikurangi dengan harga mesin pemotong. Sehubungan dengan binding
machine, kami siap apabila Saudara meminta kami memasarkannya, namun secara konsinyasi.
Kami
menunggu kiriman barang tersebut secepatnya. Besar harapan kami hal tersebut
di atas mendapat perhatian Saudara sepenuhnya.
Hormat
kami,

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum

Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031)
70886644
Reff. : 50/DU-SPJ/II/2015 February 7th,
2013
Subject :
Attendance Confirmation
THE GOLDEN
BRIDGE
10, Gentle Road
Singapore 309194
Dear Mr. Benjamin,
I’am so pleased
for your invitation on “How to be A Wonderful Person” seminar. But
unfortunately I couldn’t come to your invitation because I have other plans
that has scheduled before.
For further,
hopefully I can attend your other wonderful invitation. Thank you very much for
your understanding.
Sincerely
yours,

Ir. Raihan Baskoro
Head of Devision

Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031)
70886644
Nomor : 20/DU-SPJ/I/2015 19 Januari 2015
Hal : Sewa Kendaraan
Yth.
Manager Sarana Lengkap Travel Agent
Jl.
Sulawesi III / 23
Surabaya
( 60281 )
Dengan
hormat,
Dengan
ini kami memesan kendaraan berupa mobil, yang akan
digunakan pada tanggal
24- 25 Januari 2015 untuk tujuan
Surabaya – Yogyakarta dengan spesifikasi sebagai berikut. :
-
Mobil
jenis Avanza / Innova
-
fasilitas
: AC, audio, dan Mini TV
-
sopir
berpengalaman dan memiliki izin
Mengenai
pembayaran akan kami lakukan melalui transfer ke rekening Saudara.
Demikian
sambil menunggu konfirmasi Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat
kami,

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum

Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031)
70886644
23 Januari 2015
Nomor : 24/DU-SPJ/I/2015
Bayu Perdana, SE
Manager Pemasaran
PT. KARYA USAHA MANDIRI
Jalan Cokroaminoto No. 104
Surabaya ( 60264 )
Dengan
Hormat,
PT.
Sarana Produksi Jaya – Penandatanganan Kontrak Kerja
Terima
kasih atas surat Saudara tertanggal 21 Januari 2015 mengenai penandatanganan kontrak kerja. Kami
menyetujui waktu penanda- tanganannya yaitu Hari Senin tanggal 26 Januari 2015,
pada pukul 10.00, di Kantor kami di
Surabaya.
Hormat
kami,

Ir.
Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum

Jl.
Raya Cipinang No. 125 A Telp. ( 021 ) 8856771, Faks. ( 021
) 8856772
JAKARTA
TIMUR ( 13240 )
![]() |
Nomor : 16/ KMSS/II/2015 5 Januari 2015
Kepada
PT. SARANA
PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Hal : Pembayaran Ongkos Service
Dengan Hormat,
Kami
beritahukan bahwa perbaikan mobil “ MERCEDES BENZ “ milik perusahaan Saudara telah selesai dan
mobil tersebut sudah kami kirim kembali ke Surabaya
Dan
kami beritahukan bahwa total biaya perbaikan seluruhnya sebesar Rp 8.700 000,00 ( Delapan
juta tujuh ratus ribu rupiah ). Untuk
itu kami harap Saudara dapat mengirimkan pembayaran tersebut melalui Bank Mandiri Cabang Jakarta
Selatan.
Atas
perhatian Saudara kami Sampaikan terima kasih

Surya Atmadja
Manager

Jl. Abdul Gani. 23 Fax (0341) 888566, Telp. 997878
Malang ( 65311 )
Nomor :
435/PM/II/2015 7 Februari 2015
Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Dengan Hormat,
Terima kasih atas
surat pengaduan saudara tertanggal 5 Februari
2015, Tentang Kesalahan pengiriman binding machine sebanyak 5 buah yang kami
kirim beberapa waktu yang lalu.
Kami sungguh menyesali
kejadian tersebut. Untuk itu seperti apa yang Saudara pesan yaitu pemotong
kertas sebanyak 5 buah akan kami kirimkan secepatnya paling lambat hari Selasa
tanggal 10 Pebruari 2015
Mengenai pelunasan
sisa pembayaran, kami setuju untuk dibayar
setelah barang tersebut
di terima.
Mohon maaf atas
kejadian ini, semoga dalam kerja sama ke depan tidak akan terjadi lagi.
Atas perhatian dan kerjasamanya
kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,

Drs. Cokro Abidin
Kabag pemasaran

Jl. Raya Pondok
Bambu III No. 124
JAKARTA ( 13430
)
Telp. ( 021 )
8556677, Faks. ( 021 ) 8557878
E-mail : Kencana Gemilang@yahoo.sch.id
Nomor : 32/PM/II/2015 23 Januari 2015
Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Dengan Hormat,
SELAMAT & SUKSES
Kami mengucapkan
selamat dan sukses atas dibukanya Kantor Cabang PT WIRA KARYA SEJATI di Jl. Gatot
Subroto No. 100 Jakarta Selatan ( 13120 ).
Kami berharap kerja
sama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat di lanjutkan untuk masa
masa mendatang, baik untuk kepentingan kantor pusat maupun cabang – cabangnya.
Terima Kasih atas
perhatian dan kerja sama Saudara.

Mahendra, SE
Manajer Pemasaran

Jl. Mahesa Barat
No. 203 ,Telp. (0299) 567890
SEMARANG ( 50192 )
Nomor : 21/BG/II/2015 20 Januari 2015
Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Perihal : Permintaan
Penawaran Mesin – Mesin Kantor
Dengan hormat,
Kami
informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan perluasan kantor dengan
menambah gedung baru.
Untuk
itu kami minta Saudara dapat memberikan penawaran kepada kami tentang mesin – mesin kantor yang memiliki
kelebihan, baik dalam operasionalnya maupun dalam segi rendahnya biaya yang
harus ditanggung pada saat pengoperasian.
Kami
akan sangat menghargai apabila diberikan brosur lengkap dengan daftar harga yang ada didalamnya.
Apabila
memungkinkan, kami berharap ada diskon yang dapat kami peroleh bila kami membeli dalam jumlah yang cukup
banyak.
Kami
tunggu kabar dari Saudara, dan kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,

Purbo Sutejo
Personalia

General Trading
Jalan Basuki Rakhmat 212 Surabaya ( 60271 )
Jalan Basuki Rakhmat 212 Surabaya ( 60271 )
Nomor : 112/SPMS/IM/II/2015 21
Februari 2015
Hal : Pesanan Peralatan kantor
Yth. Kepala Devisi Pemasaran
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Dengan Hormat,
Terima
kasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak beserta brosur terlampir ,
tanggal 8 Februari 2015 yang lalu. Bersama surat ini
kami sampaikan bahwa tertarik dengan produk yang Bapak tawarkan, selanjutnya
kami mempertimbangkan dengan seksama dan diputuskan bahwa kami memesan barang –
barang sebagai berikut :
No
|
Jenis Barang
|
Jumlah Barang
|
1
|
Binding machine
|
5
(lima) unit
|
2
|
Mesin foto copy merk Bosta type
Bs F532
|
1
(satu) unit
|
3
|
Pemotong kertas merk Bosta type XA 1
|
5
(lima) unit
|
Kami
berharap barang sudah kami terima sebelum tanggal 25 Februari 2015 dan pembayaran akan kami lakukan
setelah barang kami terima.
Atas perhatian Bapak, kami
sampaikan terimakasih.
Hormat Kami,

James
Pradopo, MBA

Wilayah
Jawa, Bali dan Sekitarnya
Sekretariat Jl. Raya
Darmo No. 145 Surabaya ( 60226 )
Telp. 031 70997099,
Fax. (031)70667066
Nomor : 22/SP/I/2015 3 Januari 2015
Lampiran :
Hal : Undangan
Kepada
:
Yth. Kepala Devisi Pemasaran
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Kami mengharap
kehadiran Saudara selaku Ketua Ikatan Pengusaha Indonesia wilayah Jawa - Bali
dan sekitarnya, pada :
Hari, tanggal : Sabtu, 10 Januari 2015
Pukul : 08.00 – selesai
Tempat : Hotel Sheraton
Jalan Embong Malang No. 25 – 32
Surabaya ( 60261 )
Keperluan : Pemateri bidang wirausaha
untuk pengusaha profesional
Indonesia
Atas Kehadiran Saudara
kami sampaikan terima kasih

Tamibisono
Geral
Malang, 12
Januari 2015
Kepada :
Yth.
Bapak / Ibu Pimpinan Personalia
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Dengan
hormat,
Berdasarkan
informasi yang saya baca di harian Jawa Pos, tanggal 10 Januari 2015 tentang
lowongan pekerjaan, dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja
sebagai sekretaris / staf Administrasi di perusahaan yang bapak /ibu pimpin.
Nama Saya Anisah
Prawesti, usia 22 tahun, alamat Jl, Raya Singosari No.22 Malang ( 65153 ), Pendidikan lulus SMK program
keahlian administrasi Perkantoran dan melanjutkan pendidikan terakhir D1
Sekretaris. Saya mampu berbahasa Inggris secara aktif, dan menguasai beberapa
program komputer MS. Word, MS. Excel,
MS. Powerpoint dan Publisher. Saat ini saya baru menyelesaikan pendidikan,
tetapi saya yakin dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan baik.
Sebagai bahan
pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya sertakan beberapa berkas, foto copy
ijasah dan transkrip, pas foto, daftar riwayat hidup serta beberapa berkas
lainnya.
Besar harapan
saya untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan Bapak/ibu.
Demikian
permohonan kerja dari saya. Atas perhatian Bapak/ibu saya sampaikan terima
kasih
Hormat saya,

Anisah Prawesti

Jl.
Cokroaminoto No. 104
SURABAYA
(60264)
21 Januari 2015
Nomor : 43/PM/I/2015
Ir.
Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Dengan Hormat,
Terima kasih
atas waktu yang telah diberikan untuk membicarakan kemungkinan penanganan
layanan system Jaringan IT di perusahaan Bapak.
Bapak telah
membaca proposal system Jaringan IT serta menyetujui perancangan informasi
antar lokasi cabang dan kantor pusat. Demikian pula Bapak telah menyetujui
detail anggaran yang di butuhkan, rencana waktu implementasinya, dan sumber
daya yang diperlukan ( operasional jaringan )
Kami telah
menyiapkan kontrak kerja
Proyek PT. Sarana Produksi Jaya. Apabila disetujui kontrak kerja ini dapat kita
tandatangani hari Senin, 26 Januari 2015 di Surabaya Kantor Pusat PT. Sarana
Produksi Jaya. Kami menunggu konfirmasi dari Bapak.
Atas kerja samanya kami
sampaikan terima kasih.
Hormat kami,

Bayu Perdana, SE
Manager Pemasaran
TUGAS 5 :
MENGELOLA KAS KECIL
1. Petunjuk Kerja
a.
Baca secara
cermat soal terlampir
b.
Lakukan
pembukuan sesuai prosedur
c.
Ketik dengan
menggunakan aplikasi MS. Excell
2. Alat dan Bahan
a.
Komputer
b.
Printer
c.
Kertas HVS ukuran A4
d.
Map
snelhechter
e.
Format
bukti kas masuk
f.
Format
bukti kas keluar
g.
Kertas
double folio bergaris
h.
ATK
3. Alur Kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan bahan
yang diperlukan
b. Mencatat transaksi tersebut
menggunakan bukti penerimaan kas dan bukti
pengeluaran
kas
c. Membuat catatan pembukuan kas
kecil dengan System Imprest
d. Cetak hasil ketikan di kertas
HVS A4
e. Simpan bukti transaksi
penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas pada ordner yang tersedia sesuai sistem yang digunakan
4. Hasil yang diharapkan
Laporan
pengelolaan kas kecil beserta bukti – bukti transaksi pada bulan Februari 2015
, bukti-bukti
tersebut diisi dengan benar dan disusun secara kronologis simpan dalam map
snelhechter yang tersedia.
SOAL
MENGELOLA KAS KECIL
Anda diminta untuk membukukan
transaksi – transaksi yang telah dilakukan selama bulan Februari 2015, dana kas kecil ditetapkan sebesar Rp. 6.000.000,00
setiap bulannya dengan menggunakan System Imprest.
Tentukan berapa dana yang perlu
ditambahkan untuk pengisian petty cash berikutnya,
Pos-Pos
Pengeluaran adalah sebagai berikut :
·
201 Konsumsi
·
202 Alat Tulis Kantor
·
203 Telepon, PDAM, Listrik
·
204 Foto Copy
·
205 Transportasi
·
206 Lain-lain
Berikut ini transaksi – transaksi yang
dilakukan selama bulan Februari 2015 :
1.
Tanggal 2 Februari 2015 Saldo bulan Januari 2015 adalah Rp. 450.000,00
2.
Tanggal
18 Februari 2015 Biaya servis komputer Rp. 82.000,00
3.
Tanggal
4 Februari 2015 Konsumsi rapat internal untuk 5 orang Rp. 75.000,00
4.
Tanggal
6 Februari 2015 Langganan koran dan
majalah untuk ruang tamu
Rp. 143,000,00
5.
Tanggal
6 Februari 2015 Taksi Bapak Raihan ke Disperindag Rp. 67.000,00
6.
Tanggal
16 Februari 2015 Pembelian gula, teh dan kopi untuk keperluan kantor
Rp. 49.000,00
7.
Tanggal
5
Februari 2015 Membayar foto copy dan
jilid untuk laporan hasil
rapat tanggal 4
Februari 2015 Rp. 73.250,00
8.
Tanggal
17 Februari 2015 Membayar rekening
telepon Rp. 553.000,00
Membayar PDAM Rp. 626.300,00
Membayar rekening Listrik Rp. 1.317.500,00
9.
Tanggal
23 Februari 2015 Taksi Bapak Raihan ke
kantor cabang Bali
Rp. 68.000,00
10.
Tanggal
9 Februari 2015 Membeli 1 lusin hanging map @ Rp. 8.500,00 dan
3 buah tip-ex @
Rp. 19.000,00
11.
Tanggal
27 Februari 2015 Pembelian pertamax
untuk mobil kantor 15 liter
@ Rp. 10.800,00
12.
Tanggal
20 Februari 2015 Membeli 3 rim kertas
HVS A4 @ Rp. 42.000,00 / rim
dan 2 lusin
ballpoint Faster @ Rp. 38.000,00 / lusin
13.
Tanggal
11 Februari 2015 Pemberian tip petugas
kebersihan untuk memindahkan
perabot kantor 2
orang sejumlah Rp. 70.000,00
14.
Tanggal
26 Februari 2015 Bunga duka cita untuk
keluarga karyawan
Rp, 425.000,00
15.
Tanggal
25 Februari 2015 Membeli 1 buah cartridge
untuk printer Rp. 350.00,00
16.
Tanggal
12 Februari 2015 Biaya servis AC 2
ruangan kantor @ Rp. 65.000,00
17.
Tanggal
13 Februari 2015 Pembelian pertamax
untuk mobil kantor 10 liter
@ Rp. 10.800,00
TUGAS 6 : MENANGANI PERJALANAN
BISNIS
1. Petunjuk Kerja
a.
Anda diminta
untuk membuatkan daftar perjalanan bisnis pimpinan dengan data informasi yang
telah tersedia. ( terlampir )
b.
Susunlah
data-data dan informasi tersebut sehingga memudahkan pimpinan anda untuk
melakukan kegiatan.
c.
Ketik dengan
menggunakan aplikasi MS Word / MS Excel
2. Alat
dan Bahan
a.
Perangkat
komputer
dan printer
b.
Kertas HVS ukuran A4
c.
Stapler
dan Staples
d.
Kalender
meja tahun 2015 dan ATK
3. Alur
Kegiatan
a. Cermatilah setiap informasi
agar jadwal dapat tersusun dengan rapi dan benar
b. Membuat format jadwal perjalanan bisnis pimpinan yang
lengkap sesuai
kebutuhan
c. Masukkan data – data kegiatan
secara kronologis
d. Cetak hasil ketikan di kertas
HVS A4
4. Hasil yang diharapkan
Daftar perjalanan bisnis pimpinan tersusun dengan benar, jelas, informatif
dan
lengkap.
SOAL
PERJALANAN BISNIS PIMPINAN
Pimpinan anda akan mengadakan
perjalanan bisnis ke Denpasar dari tanggal 9 Maret 2015 sampai dengan 12 Maret
2015. Berangkat dari Surabaya tanggal 9 Maret 2015 dengan penerbangan Lion
804 pukul 6:05 am dan rencana kembali ke Surabaya pada tanggal 12
Maret 2015 dengan penerbangan Garuda Indonesia 340, Pukul 2:20 pm.
Ada perbedaan waktu 1 jam antara
Surabaya dan Denpasar.
Kegiatan
perjalanan adalah sebagai berikut :
1.
Tanggal
9 Maret 2015, Check in Hotel Mercure Kuta
2.
Pukul
10.00 kunjungan ke kantor cabang PT. Sarana Produksi Jaya Jl. Untung Suropati
No. 107 Denpasar – Bali
3.
Makan
Siang bersama MR John Thomas Direktur FGG Ltd
4.
Janji
dengan Bapak Wayan Pratama, Marketing Manager Denpasar Vigor pk 14.00
5.
Tanggal
10 Maret 2015 pk. 09.00 ke Singaraja janji dengan Bapak Antonius Direktur PT.
Cahaya Putra Abadi
6.
Main
golf bersama bapak Antonius dan Mr. John Thomas pk. 15.00 di Nirwana Bali,
Tanah Lot, Kediri, Tabanan – Bali
7.
Tanggal
11 Maret 2015 pk. 08.00 – 12.00 janji dengan Mr. Thomas Jules ke Dewa Jules
Indonesia
8.
Mengunjungi
Bali Art Centre pk. 14.00, Denpasar
9.
Tanggal
12 Maret 2015 pk. 09.00 janji dengan Bapak Krisnaya, Direktur PT. Krisnaya Agung, Jalan Gunung Agung No. 223,
Denpasar-Bali, dan Kembali ke Surabaya dengan penerbangan Garuda Indonesia 340, Pukul
2:20 pm.
10.
Janji
dengan Bapak Cahya Gunawan di Sheraton hotel, Surabaya pk. 18.00.
TUGAS 7 : MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET
DAN
E-MAIL
1. Petunjuk
Kerja
a. Komputer telah
terhubung dengan jaringan internet sesuai dengan kebutuhan untuk membuka
program Web Browser,
b. Anda diminta
oleh pimpinan untuk mencari informasi di
internet tentang Situs ( web ) yang menawarkan program training
bulan Februari 2015 atau Maret 2015.
c. Anda bisa mencari melalui google di alamat http://www.google.co.id/
2. Alat dan
Bahan
a. Komputer yang
telah terhubung dengan internet
b. Printer
c. Kertas HVS A4
3. Alur Kegiatan
a.
Membuka internet dengan browser anda
b.
Cari informasi tersebut
c.
Pindahkan informasi yang didapat ke dalam word procesing, maksimal 2
halaman dan lakukan pengaturan dengan baik sehingga tampilannya rapi dan
menarik.
d.
Simpan menjadi sebuah file dokumen dengan nama file nomor peserta anda
e.
Kirim data tersebut ke alamat e-mail ( penguji menyiapkan alamat e-mail )
f.
Edit dan cetak hasilnya.
4. Hasil yang diharapkan
a. Kesesuaian
antara permintaan ( soal ) dengan hasil penelusuran
b. Keterbatasan
informasi yang ada didalamnya
c. Hardcopy yang
tercetak secara menarik
d.. Isi pesan pada e-mail dan
pengiriman dokumen melalui e-mail
SOAL
MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET
Pengelolaan kantor
yang baik dan modern ( sesuai tuntutan zaman ) akan berdampak pada efisien dan
efektifitas perusahaan secara keseluruhan. Kantor merupakan pusat sistem administrasi. Maka dari itu
personil yang terlibat dalam kegiatan kantor harus memiliki pengetahuan yang
memadai dan terbaru mengenai Administrasi
Perkantoran. Pimpinan anda Bapak Ir.
Raihan Baskoro yang berencana akan mengikuti program training “ MANAJEMEN ADMINISTRASI
PERKANTORAN MODERN “, anda diminta untuk
mencarikan informasi :
1.
Tempat Training di Jakarta / Yogyakarta
/ Surabaya pada bulan Februari 2015
atau bulan Maret 2015
2.
Materi, fasilitas, kuota dan pendaftaran.
TUGAS 8 :
PENANGANAN TELEPON
1. Petunjuk Kerja
a. Menerima panggilan telepon
·
Saat Anda sedang mengerjakan tugas, penguji
akan menelepon Anda
·
Siapkan Lembar
Pesan Telepon ( LPT ) serta hal lain yang diperlukan.
b. Melakukan
panggilan telepon
·
Anda akan diminta penguji untuk melakukan
kegitan menelepon.
·
Siapkan Block
Note serta hal lain yang diperlukan
c. Berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
sesuai pilihan peserta
2. Bahan
dan Alat
a.
Pesawat
Telepon
b.
Lembar
Pesan Telepon ( LPT )
c.
Block
Note
d.
Alat
tulis
3. Alur
Kegiatan
a.
Menjawab
segala informasi yang diperlukan sipenelepon
b.
Catat informasi / pesan yang diterima pada format
Lembar Pesan Telepon ( LPT )
c.
Membuat
catatan hal – hal apa saja yang akan disampaikan ke relasi melalui telepon pada
format block note.
d.
Melakukan
panggilan telepon kepada relasi yang di minta pimpinan
e.
Berikan
informasi kepada relasi yang ditelepon sesuai kebutuhan
4.
Hasil yang diharapkan
a.
Dapat
menerima telepon dengan baik dan benar, dengan sikap dan etika bertelepon yang
sesuai dengan standar
b.
Lembar
pesan telepon ( LPT ) dapat diisi dengan rapi dan benar
c.
Dapat
melakukan panggilan telepon sesuai dengan aturan dan etika dalam bertelepon dan
materi yang disampaikan sesuai dengan permasalahan yang diminta
d.
Penggunaan
Block Note dilakukan dengan tepat dan isinya sesuai dengan permasalahan yang
diminta
SOAL
PENANGANAN TELEPON
A.
Menerima
Panggilan Telepon
Pada saat anda sedang sibuk
menyelesaikan pekerjaan rutin, tiba-tiba telepon berdering dan anda sebagai
sekretaris harus menangani telepon masuk dan menjawab segala informasi yang
diperlukan sipenelepon.
Penelepon : Ade Ayu sekretaris Bapak Irwansyah
direktur
PT. PUTRA GADING,
Jalan Sriwijaya No. 27
Mataram telp (370)
636283
Masalah :
Beliau ingin bertemu dengan
pimpinan anda pada
hari kamis tanggal 5 Maret 2015,
pukul 10.00 di
kantor kami,
beliau ingin mendiskusikan kerjasama pemasaran produk Epson untuk wilayah
Surabaya , kami menunggu konfirmasi anda secepatnya.
B.
Melakukan
Panggilan Telepon
Anda
diminta untuk menelepon Bapak Drs. Andi Pesesa, SE PT.Wira Karya
Express
yang berlamat di Jl Embong Malang III / 207b Surabaya. Perusahaan tersebut
bergerak di bidang distributor peralatan kantor. Memberitahukan bahwa Bapak
Raihan Baskoro bersedia mendiskusikan kerjasama pemasaran Produk Canon yang
diselenggarakan pada hari rabu tanggal 13 Maret 2015 pukul 10.00-12.00 di Hotel
Sangrila Jl. May. Jend. Sungkono 120 Surabaya (
60256 ), kami menunggu konfirmasi secepatnya.
TUGAS 9 : TUGAS PRESENTASI
1.
Petunjuk Kerja
a.
Kerjakan
soal presentasi dengan tema di bawah ini yang merupakan pilihan tema / topic
b.
Tema
tersebut bukan keharusan untuk digunakan sebagai judul presentasi, melainkan
dapat dikembangkan sesuai dengan cakupan tema
c.
Waktu
untuk presentasi adalah kurang
lebih 10 menit setiap peserta uji
d.
Anda
bisa mencarinya melalui situs http://www.google.co.id/ dan mengunduh salah
satu tema atau judul presentasi tersebut.
e.
Buatlah
materi presentasi dengan menggunakan aplikasi MS. Power Point.
2.
Bahan dan Alat
a.
Komputer
dengan aplikasi ppt
b.
LCD
c.
Flash disk
d.
Modem
/ WIFI area
3. Alur
kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan bahan yang akan
dipresentasikan
b. Memaparkan tema presentasi dengan menggunakan
Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
c. Jumlah paparan minimal 4 slide dan maksimal 6
slide untuk dipaparkan
4. Hasil yang diharapkan
Presentasi dapat
dilakukan dengan baik dan menarik, penguasaan materi, penggunaan Bahasa
Indonesia / Bahasa Inggris, penampilan, pembuatan slide, etika dan tata cara
presentasi dapat dilakukan dengan baik.
Tema Presentasi
1.
Pekerjaan Sekretaris
2.
Pentingnya tata krama bagi sekretaris
3.
Tantangan Sekretaris
4.
How to be a good Secretary
5.
Qualified Secretary
6.
The Importment of foreign language for a
secretary
7.
The Performance of Secretary
SELAMAT dan SUKSES
Tidak ada komentar:
Posting Komentar