Jumat, 29 Januari 2016

Soal UKK Administrasi Perkantoran Tahun Pelajaran 2014/2015 P2


UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

 

SOAL UJIAN PRAKTIK KEJURUAN


Satuan Pendidikan                     :           Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi Keahlian                :           Administrasi Perkantoran
Kode                                          :           6045
Alokasi Waktu                           :           20  jam
Bentuk Soal                               :           Penugasan Perorangan

 



I.     PETUNJUK UMUM

1.      Anda adalah Sekretaris PT.  SARANA PRODUKSI JAYA , Jalan Pahlawan No. 104, Surabaya ( 60174 ), Telp (031) 70886633, Faks. (031) 70886644
Pimpinan anda bernama Bapak Ir. Raihan Baskoro .  Beliau menjabat sebagai Kepala Devisi Umum.
Perusahaan anda bergerak di bidang percetakan, peralatan kantor dan distribusi majalah.

2.      Dokumen soal ujian praktik ini terdiri dari 9 pekerjaan, yaitu:
a.       Mengetik kecepatan
b.      Membuat surat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
c.       Mengatur pertemuan rapat
d.      Menangani arsip
e.       Mengelola kas kecil
f.       Menangani perjalanan bisnis
g.      Mencari informasi melalui internet
h.      Menangani telepon
i.        Melakukan presentasi

3.      Sebelum mengerjakan tugas, bacalah setiap item tugas dengan cermat dan teliti
4.      Periksa seluruh kelengkapan soal pada setiap tugas, jika tidak lengkap segeralah melapor kepada pengawas ujian
5.      Kerjakan tugas yang paling mudah terlebih dahulu
6.      Jangan lupa untuk selalu mencantumkan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
7.      Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pengawas ujian






ii.    Keselamatan Kerja

1.      Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama anda mengerjakan soal ujian praktik ini.
2.      Laporkan jika terdapat kerusakan atau hal lain yang terjadi di luar semestinya kepada pengawas ujian

III.    DAFTAR PERALATAN, KOMPONEN, DAN BAHAN


No.
Nama
Alat/Komponen/Bahan
Spesifikasi
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5

Alat Tes /Alat tangan



1.
Komputer
Pentium 4
Disesuaikan

2.
Printer
Standar
Disesuaikan

3.
Internet
Jaringan cepat
Jaringan

4.
Perforator

Disesuaikan

5.
Stapler

Disesuaikan

6.
LCD/Infocus

1

7.
Kalkulator

Disesuaikan

8.
Telepon

Disesuaikan

9.
Gunting

Disesuaikan

10.
Stopwatch

1

11.
Catridge toner

1


Komponen



1.
Map snelhecter
Ukuran A 4
2
1 untuk arsip dan 1 untuk kas kecil
2.
Guide
Bufallo warna
Disesuaikan
guide untuk arsip dan guide untuk kas kecil
3.
Kalender Meja
Tahun 2015
1 / siswa

4.
ATK

Disesuaikan







Bahan



1.
Kertas HVS

A4

13 lembar

Untuk setiap siswa
2.
Amplop
Persegi panjang
3 buah

3.
Form buku agenda tunggal

1 lembar

4.
Lembar perjalanan bisnis pimpinan

1 lembar


5.
Form bukti penerimaan kas kecil

2

6.
Form bukti pengeluaran kas kecil

17

7.
Form laporan kas kecil

1

8.
Lembar Pesan Telepon      ( LPT )

1

9.
Block Note

1

 


IV.      SOAL / TUGAS


TUGAS   1             :  KECEPATAN MENGETIK


1.             Petunjuk Kerja
a.     Kerjakan tugas berikut ini dengan menggunakan aplikasi word processing
b.    Bila ada masalah dengan alat atau naskah, tanyakan kepada penguji
c.     Ketiklah naskah pemanasan dengan waktu 5 menit
d.    Ketiklah naskah kecepatan dengan baik dalam waktu 15 menit
e.     Cetak naskah dalam waktu 5 menit
f.     Manfaatkan waktu dengan sebaik-baikya

2.                       Peralatan  dan bahan yang diperlukan
a.     Komputer dengan aplikasi word processing
b.    Printer
c.     Stapler kecil
d.    Staples
e.     Stopwatch untuk penguji
f.     Kertas HVS A4
g.    Catridge/toner

3.                       Alur Kegiatan
a.             Mempersiapkan alat dan bahan (ATK) yang akan digunakan
b.             Latihan pemanasan selama 5 menit dipandu oleh penguji
c.             Mengetik kecepatan dilakukan secara bersama-sama, oleh karena itu perlu diperhatikan aba – aba penguji
d.            Setelah selesai mengetik segera mencetak dan hasilnya serahkan penguji
e.             Gunakan jarak spasi 1,5
f.              Font Calibri
g.             Font size 12

4.             Hasil yang diharapkan
a.             Kecepatan mengetik mencapai 125 s.d 300 epm
b.             Ketelitian mencapai 92 %











 NASKAH PEMANASAN KECEPATAN MENGETIK

Dalam menunjang aktifitas dan tujuan organisasi, setiap organisasi baik swasta maupun pemerintah memerlukan administrasi yang baik. Semua kegiatan administrasi dalam suatu perkantoran mempunyai peranan penting dalam pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan dan juga membantu dalam kelancaran pekerjaan. Administrasi perkantoran ditinjau dari sudut ilmu berinduk pada administrasi. Pekerjaan kantor adalah suatu kegiatan kesekretariatan dan administratif, segala sesuatu yang berkaitan dengan catat mencatat, melakukan perjanjian, memfasilitasi pertemuan, memberikan laporan, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, mengirimkan surat dan sebagainya. Untuk keperluan tersebut, terbentuk suatu jalinan komunikasi formal maupun informal. Disamping itu, komunikasi yang efektif dan efisien juga merupakan faktor penting dalam pelaksanaan pekerjaan kantor
Kantor adalah tempat diselenggarakannya kegiatan yang berkaitan dengan informasi. Kantor juga merupakan tempat dari proses penanganan informasi mulai dari menerima, mengumpulkan, mengolah, meminjam, sampai menyalurkan / mendistribusikan informasi.

(Bila waktu masih ada kembali ke pengetikan awal)












NASKAH KECEPATAN MENGETIK

              PEKERJAAN KANTOR

Pekerjaan kantor ( Office work ) dalam bahasa Inggris disebut juga pekerjaan administrative ( clerical work ). Pekerjaan dapat dirumuskan dengan baik melalui pemahaman secara detail apa, maksud, dan hubungan antara aspek- aspek yang berhubungan seperti nama pekerjaan, perlengkapan pekerjaan, persyaratan fisik dari pekerjaan      ( misalnya ruang kerja, penerangan, pencahayaan dll ), persyaratan pekerjaan misalnya pendidikan, pengetahuan, keterampilan, kepribadian menarik dll, serta hubungan pekerjaan tersebut dengan pekerjaan lainnya. George R. Terry, pekerjaan kantor meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk meringkaskan banyak hal dengan cepat, guna meyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan pengawasan pimpinan. Geoffrey Mills dan Oliver Standingford, pekerjaan kantor yaitu lebih menekankan kepada fungsi kantor. Pekerjaan kantor memiliki beberapa fungsi yaitu memberikan pelayanan terhadap pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai tujuan organisasi, menyediakan informasi bagi pimpinan organisasi untuk membuat keputusan dan membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan.
Bekerja adalah melaksanakan suatu kegiatan. Namun kegiatan yang dimaksud terfokus untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan mengikuti perencanaan dan prosedur kerja yang telah ditetapkan.
Bagi seorang pegawai kantor bekerja adalah suatu kegiatan / tugas dengan berpedoman pada prosedur yang dilakukan dengan proses kerja sama, karenanya setiap pegawai kantor terkait pada prosedur kerja. Prosedur kerja merupakan rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain, sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian

sesuatu bidang tugas. Dan dalam pelaksanaan pekerjaan sering dijumpai kendala – kendala yang dapat mempengaruhi kelancaran aktifitas kerja. Diantaranya dapat berupa system, prosedur atau cara kerja yang kurang efisien dalam melaksanakan pekerjaan kantor. Dengan demikian pekerjaan kantor merupakan wujud dan mekanisme administrasi sebuah organisasi yang bertujuan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi kerja sehingga mana yang penting dan tidak penting dipilah – pilah menjadi beberapa prioritas yang terpenting. Tujuannya agar pekerjaan yang serupa tidak bertumpuk dan seimbang dengan prioritas yang semestinya.
Prinsip – prinsip dalam tata kerja, prosedur dan sistem kerja yang saling berhubungan, Tata kerja, prosedur dan sistem kerja disusun dengan mengacu pada tujuan, fasilitas, peralatan, material, biaya dan waktu yang tersedia. Tidak lupa luas pekerjaan, macam, dan sifat tugasnya juga harus diperhatikan. Prosedur kerja disusun bukan berdasarkan kuantitas tenaga kerja yang ada, melainkan berdasarkan skill kualitas pekerja yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan bidang kerja tertentu. Penyusunan sistem, prosedur, dan tata kerja harus sesuai degan kemajuan zaman dan teknologi ( updatednes ). Biasanya dalam menggambarkan penerapan suatu prosedur digunakan tanda-tanda atau symbol dan skema / bagan setepat-tepatnya. Bagan ini disebut skema arus kerja ( work flow chart ) atau skema proses kerja ( work prosedur chart ).
Selain itu, untuk memastikan penerapan tata kerja, prosedur dan sistem kerja maka harus ada buku manual sebagai pedoman segala sesuatu yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

(Bila waktu masih ada kembali ke pengetikan awal)







72

137
204
275
345
413
483
544
611
675
744
808
671
937
999
1061
1124

1134
















 

 



 




 

 

66

136
200
263
330
396
456
523
586
653
720
789
851
913
972
1038
1102
1165
1211
1276
1343
1408
1449
1512
1575
1638
1702
1768
1830

1889
1951
2015
2075
2140
2199
2263
2326
2390
2423
2486
2550
2616
2678
2739
2805
2868
2933
2997
3065
3132
3200
3224
3285
3348
3400

TUGAS   2 a                              :  MEMBUAT SURAT BAHASA INDONESIA


1.    Petunjuk Kerja
1.         Anda diminta untuk membuat surat Bahasa Indonesia tentang penawaran  produk perusahaan anda berupa Digital Scanner Printer yang terbaru, “ Printer All in one / Multifunction, harga murah dan maksimal “ dari beberapa merk kepada pelanggan Bapak Drs.  Andi Pesesa, SE sebagai Kepala Devisi Sarana PT. WIRA KARYA EXPRESS yang berlamat di Jl Embong Malang III / 207b Surabaya (60275). Sebagai kelengkapan sertakan spesifikasi dan daftar harganya.
2.         Ketiklah surat tersebut
3.         Barang – barang yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

No.
Nama Barang
Merk
Harga lama
Rp.
Harga baru
Rp.
1
Printer
HP Officejet Pro 6830 e-All-in-one
 2.574.000-3%
2.480.000
2
Printer
Epson Printer ( M 200 )
2.482.000-1%
2.436.000
3.
Printer
Canon Pixma                ( MG 6470 ) White
2.361.000-10%
2.119.000

4.         Pemesanan s.d akhir bulan ini mendapat potongan 2 %
5.         Pembayaran uang muka minimal 25 % dari harga pesanan, sisanya 2 minggu setelah barang diterima
6.         Bagian – bagian yang dianggap perlu, dipersilahkan untuk melengkapi sendiri.
7.         Anda dianjurkan untuk membuat konsep terlebih dahulu

2.    Alat dan Bahan
a.         Komputer
b.         Printer
c.         Kertas HVS ukuran A4
d.        Kop surat
e.         Amplop persegi panjang
3.    Alur Kegiatan
1.         Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.         Membuat surat dalam Bahasa Indonesia tersebut diketik dengan menggunakan MS. Word dalam bentuk Official Style
3.         Tanggal surat 27 Februari 2015
4.         Nomor Surat .........................
5.         Sebelum dicetak simpan pada file anda
6.         Selesai dicetak, selanjutnya dilipat dengan model low standard fold dan dimasukkan ke dalam amplop.

4.    Hasil yang diharapkan
       1.   Surat Bahasa Indonesia yang jelas, informatif dan rapi
       2.   Surat Bahasa Indonesia dalam bentuk Official Style, dilipat dalam lipatan                    
             Low Standard Fold dan dimasukkan ke dalam amplop.

TUGAS   2b :  MEMBUAT SURAT BAHASA INGGRIS


1.      Instructions

Make an order letter in official style complete with the envelope !

a.       Date of the letter is March 5 th, 2015
b.      The part of the letter must be completed
c.       The sender is Mr. Ir. Raihan Baskoro ( PT. Sarana Produksi Jaya )
d.      The purposes of the letter are :

1) To order :
·         1 Paper screder GBC 21 CDX
·         1 Toshiba E. Studio 2051 C
·         2 Panasonic  KX-FT 983 CX

  2) Term of payment is 30%  paid after the order arrived and 70 % will be paid
       within a month. Term of delivery is by Plane.

  3) For special attention, the order must be arrived in four days

                         e.   The inside address, Creative Technology, Jl. Engku Putri Ruko Purimas Blok
        A. 26 Batam Centre.

                         Tools and Materials
a.       Computer
b.      Printer
c.       HVS A4 with letter head
d.      Envelope

Result hoped
The English letter is in Official Style with Low Standard Fold Style and put
in an envelope.













TUGAS   3   :  MENGATUR PERTEMUAN RAPAT


1.       Petunjuk Kerja
a.     Buatlah surat undangan kepada relasi yang diundang, agenda rapat dan daftar hadir rapat sesuai dengan format yang lengkap dan benar
b.    Buatlah surat pesanan reservasi ke hotel tempat pelaksanaan rapat, untuk pesan ruangan meeting, penginapan sekaligus lunch & coffee Break pada saat rapat
c.     Ketik dengan menggunakan aplikasi komputer Word Processing  

            2.         Alat dan Bahan
a.    Komputer
b.    Printer
c.    Kertas HVS ukuran A4
d.   Kop Surat
e.    Alat tulis lainnya
3.            Alur Kegiatan
a.    Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
b.    Baca soal dengan cermat
c.    Membuat surat undangan rapat dan surat pesanan reservasi ke hotel pelaksanaan
     rapat dengan bentuk surat official style dilipat dengan lipatan low standard fold
d.   Membuat agenda rapat secara detail
e.    Membuat daftar hadir rapat sesuai dengan jumlah yang di undang
f.     Sebelum dicetak simpan pada file anda
g.    Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4

4.            Hasil yang diharapkan
a.    Surat undangan rapat dan surat pesanan reservasi ke hotel yang tercetak dengan pengkalimatan yang  sesuai dan dilampiri dengan agenda rapatnya.
b.    Daftar hadir peserta rapat sesuai dengan jumlah yang diundang


MEMPERSIAPKAN RAPAT

Pimpinan anda menginformasikan bahwa  tanggal 11 - 13 Maret 2015 akan mengadakan rapat evaluasi pemasaran pada tri wulan pertama, yang diundang rapat adalah Kepala Devisi Pemasaran cabang Mataram, Balik Papan, Denpasar, Palembang dan Surabaya dan rencananya rapat akan diadakan di Sun Island hotel Kuta, Jalan Kartika Plaza No 88 Kuta - Bali.

Sebagai seorang Sekretaris Anda segera melakukan persiapan – persiapan sebelum rapat diadakan, untuk itu anda segera membuat surat undangan kepada Kepala Devisi Pemasaran seluruh cabang, selain itu anda juga membuat surat pesanan reservasi ke Manager Sun Island hotel Kuta Bali untuk memesan kamar hotel dengan spesifikasi Deluxe Room sebanyak 5 kamar, dan paket meeting ( 1 x lunch dan 2 x Coffe Break ) selama 3 hari dan tanggal 13 Maret 2015 pk 12.00 check out dan persiapkan hal-hal yang terkait.

 
TUGAS   4     :  MENANGANI ARSIP


1.        Petunjuk Kerja
a.    Saat ini di meja anda ada 8 surat masuk dan  6 surat keluar
b.    Baca soal dengan cermat
c.    Telitilah surat-surat tersebut untuk proses pencatatan

2.        Bahan dan Alat
a.    Format buku agenda tunggal
b.    14 lembar surat
c.    Guide (HVS Warna)
d.   Kertas cover warna ( 2 macam ) untuk penanda surat masuk / surat keluar
e.    1 map snelhechter
f.     Perforator
g.    Stapler
h.    ATK
3.    Alur Kegiatan
1.  Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.  Mencatat surat-surat tersebut ke dalam format buku agenda tunggal  yang telah  disediakan
3.  Lanjutkan untuk proses penyimpanannya ( arsip ) dengan menggunakan Sistem Nomor ( Numerical Filing System ) dengan kode angka notasi sebagai berikut :

     000                     : Umum
     100                     : Kepegawaian
     200                     : Pemasaran
     300                     : Operasional

4.  Siapkan guide untuk diberi kode sesuai dengan sistem yang digunakan
5. Setelah dicatat dalam buku agenda tunggal selanjutnya susunlah guide dan simpanlah surat-surat/arsip tersebut dalam map snelhechter sesuai dengan sistem yang digunakan

4.  Hasil yang diharapkan
a.   Buku agenda tunggal terisi dengan lengkap, benar dan rapi
b.  Surat-surat tersimpan dalam map snelhechter sesuai dengan Sistem Nomor                 
 ( Numerical Filing System )

Lampiran Surat Masuk dan Surat Keluar sebagai berikut  :





PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031) 70886644


SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
NO. 043/DU-SPJ/I/2015


Yang bertanda tangan dibawah ini :

   Nama               : Ir. RAIHAN BASKORO
   Jabatan                        : Kepala Devisi Umum

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini :

   Nama               : MEILANI HANDAYANI
   Alamat                        : Jl. Kutilang No 49 Wonokromo
  Surabaya ( 60243 )

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 01 Maret 2007 sampai dengan 30 Januari 2015, dengan jabatan terakhir Sekretaris Kepala Devisi Pemasaran.

Selama menjadi karyawan kami, Saudari MEILANI HANDAYANI telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan              hal- hal yang merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                                           Surabaya, 01 Februari 2015
                                                                  
Raihan BAskoro

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum




                                         PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031) 70886644


16 Februari 2015

Nomor        : 56/DU-SPJ//II/2015                                                                                     


Yth. Saudari Helena Candraningtyas
Jl. Musi No. 37
Malang ( 65123 )


Perihal        :   Panggilan Wawancara


Dengan hormat,

Setelah kami mempelajari surat lamaran Saudari yang di kirim beberapa waktu yang lalu, dengan lamaran Saudari untuk menjadi tenaga Sekretaris di perusahaan kami,  maka kami mengundang  Saudari untuk mengikuti wawancara pada :

Hari/Tanggal                  :   Rabu, 3 Februari 2015
Pukul                                         :   09.00 s.d 11.00
Tempat                           :   Ruang Meeting Devisi Umum
                                       PT Sarana Produksi Jaya
                                       Jl. Pahlawan No, 104
                                       Surabaya ( 60174 )

Kami harap Saudari datang tepat waktu. Atas perhatian dan kerja sama Saudari, kami sampaikan terima kasih.




Hormat kami,

Raihan BAskoro

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum





PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031) 70886644


Nomor      :        47/DU-SPJ/II/2015                                                                                 5  Februari 2015


Kepada
PT. COKRO ELEKTRONIK
Jl. Acmad Yani No. 23
Surabaya ( 60239 )


Perihal      :   Pengaduan Kesalahan Pengiriman Mesin



Dengan hormat,

Kiriman Saudara berupa beberapa mesin kantor atas pesanan kami pada beberapa waktu yang lalu telah kami terima pada tanggal 03 Februari 2015.

Namun sayang sekali setelah kami teliti semua, barang yang Saudara kirim adalah binding machine sebanyak 5 buah. Sementara barang yang kami pesan, yaitu mesin pemotong kertas sebanyak 5 buah tidak ada. Untuk itu kami mohon Saudara dapat mengirimkan kekurangan tersebut, mengingat pelanggan kami sudah menunggunya. 

Mengenai kekurangan pembayaran tetap akan kami selesaikan sesuai dengan janji kami, tetapi dikurangi dengan harga mesin pemotong. Sehubungan dengan binding machine, kami siap apabila Saudara meminta kami memasarkannya, namun secara konsinyasi.

Kami menunggu kiriman barang tersebut secepatnya. Besar harapan kami hal tersebut di atas mendapat perhatian Saudara sepenuhnya.
                                          

Hormat kami,

Raihan BAskoro

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum







PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031) 70886644


Reff.                 : 50/DU-SPJ/II/2015                                                     February 7th, 2013
Subject             : Attendance Confirmation



THE GOLDEN BRIDGE
10, Gentle Road
Singapore 309194


Dear Mr. Benjamin,

          I’am so pleased for your invitation on “How to be A Wonderful Person” seminar. But unfortunately I couldn’t come to your invitation because I have other plans that has scheduled before.
         For further, hopefully I can attend your other wonderful invitation. Thank you very much for your understanding.

                                                                                                       


Sincerely yours,
Raihan BAskoro

Ir. Raihan Baskoro
Head of Devision












PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031) 70886644


Nomor             : 20/DU-SPJ/I/2015                                                                    19 Januari 2015
Hal                   : Sewa Kendaraan



Yth. Manager Sarana Lengkap Travel Agent
Jl. Sulawesi III / 23
Surabaya ( 60281 )




Dengan hormat,

Dengan ini kami memesan kendaraan berupa mobil,  yang   akan  digunakan  pada tanggal    24- 25 Januari 2015 untuk  tujuan Surabaya – Yogyakarta dengan spesifikasi sebagai berikut. :

-        Mobil jenis Avanza / Innova
-        fasilitas : AC, audio, dan Mini TV
-        sopir berpengalaman dan memiliki izin

Mengenai pembayaran akan kami lakukan melalui transfer ke rekening Saudara.

Demikian sambil menunggu konfirmasi Saudara, kami sampaikan terima kasih.




Hormat kami,
Raihan BAskoro

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum








PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)
Telp. (031) 70886633, Fax. (031) 70886644


23 Januari 2015

            Nomor             : 24/DU-SPJ/I/2015

           

            Bayu Perdana, SE
            Manager Pemasaran
            PT. KARYA USAHA MANDIRI
            Jalan Cokroaminoto No. 104
            Surabaya ( 60264 )


            Dengan Hormat,


            PT. Sarana Produksi Jaya – Penandatanganan Kontrak Kerja


Terima kasih atas surat Saudara tertanggal 21 Januari 2015  mengenai penandatanganan kontrak kerja. Kami menyetujui waktu penanda- tanganannya yaitu Hari Senin tanggal 26 Januari 2015, pada pukul 10.00,    di Kantor kami di Surabaya.




Hormat kami,
Raihan BAskoro

Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum











KENCANA MOTOR SALES SERVICE
Jl. Raya Cipinang No. 125 A Telp. ( 021 ) 8856771, Faks. ( 021 ) 8856772
JAKARTA TIMUR ( 13240 )
 


Nomor             : 16/ KMSS/II/2015                                                          5 Januari 2015
                            
Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)

Hal : Pembayaran Ongkos Service


Dengan Hormat,
Kami beritahukan bahwa perbaikan mobil “ MERCEDES BENZ  “ milik perusahaan Saudara telah selesai dan mobil tersebut sudah kami kirim kembali ke Surabaya
Dan kami beritahukan bahwa total biaya perbaikan seluruhnya sebesar                             Rp 8.700 000,00 ( Delapan  juta tujuh ratus ribu rupiah ). Untuk itu kami harap Saudara dapat mengirimkan pembayaran tersebut melalui Bank Mandiri Cabang Jakarta Selatan.
Atas perhatian Saudara kami Sampaikan terima kasih

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/43/Tanda_Tangan_Arif_Nur_Setiawan.jpg                                                                                              Hormat kami,


Surya Atmadja
Manager










PT. COKRO ELEKTRONIK
Jl. Abdul Gani. 23 Fax (0341) 888566, Telp. 997878
Malang ( 65311 )


Nomor   : 435/PM/II/2015                                                                                                  7 Februari 2015


Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)



Dengan Hormat,

Terima kasih atas surat pengaduan saudara tertanggal  5 Februari 2015, Tentang Kesalahan pengiriman binding machine sebanyak 5 buah yang kami kirim beberapa waktu yang lalu.

Kami sungguh menyesali kejadian tersebut. Untuk itu seperti apa yang Saudara pesan yaitu pemotong kertas sebanyak 5 buah akan kami kirimkan secepatnya paling lambat hari Selasa tanggal  10 Pebruari 2015

Mengenai pelunasan sisa pembayaran, kami setuju untuk dibayar  setelah barang            tersebut di terima.

Mohon maaf atas kejadian ini, semoga dalam kerja sama ke depan tidak akan terjadi lagi.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.



                                                                                                                                                            Hormat kami,

                                                                                                                                                            cokro

                                                                                                                                                            Drs. Cokro Abidin
                                                                                                                                                            Kabag pemasaran










PT. KENCANA GEMILANG
Jl. Raya Pondok Bambu III No. 124
JAKARTA ( 13430 )
Telp. ( 021 ) 8556677, Faks. ( 021 ) 8557878


Nomor : 32/PM/II/2015                                                                                           23 Januari 2015


Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)




Dengan Hormat,

SELAMAT & SUKSES


Kami mengucapkan selamat dan sukses atas dibukanya Kantor Cabang                                         PT WIRA KARYA SEJATI di Jl. Gatot Subroto No. 100 Jakarta Selatan ( 13120 ).

Kami berharap kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat di lanjutkan untuk masa masa mendatang, baik untuk kepentingan kantor pusat maupun cabang – cabangnya.

Terima Kasih atas perhatian dan kerja sama Saudara.




                                                                                                                                                            Hormat kami,

                                                                                                                                                           

                                                                                                                                                            Mahendra, SE
                                                                                                                                                            Manajer Pemasaran









PT. BANGUN GEMILANG
Jl. Mahesa Barat  No. 203 ,Telp. (0299) 567890
SEMARANG ( 50192 )


Nomor            : 21/BG/II/2015                                                                                           20 Januari 2015

Kepada
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)


Perihal    :   Permintaan Penawaran Mesin – Mesin Kantor



Dengan hormat,

Kami informasikan bahwa saat ini kami sedang melakukan perluasan kantor dengan menambah gedung baru.

Untuk itu kami minta Saudara dapat memberikan penawaran kepada kami tentang              mesin – mesin kantor yang memiliki kelebihan, baik dalam operasionalnya maupun dalam segi rendahnya biaya yang harus ditanggung pada saat pengoperasian.

Kami akan sangat menghargai apabila diberikan brosur lengkap dengan daftar harga       yang ada didalamnya.

Apabila memungkinkan, kami berharap ada diskon yang dapat kami peroleh bila                 kami membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Kami tunggu kabar dari Saudara, dan kami sampaikan terima kasih.




                                                                                                                                                            Hormat kami,
                                                                                                                                                           

                                                                                                                                                            Purbo Sutejo
                                                                                                                                                            Personalia







http://www.fpburgos.org/imagenes/logo1ITM.jpgPT Indo Tangguh Mulya
General Trading
Jalan  Basuki Rakhmat 212 Surabaya ( 60271 )
                                        
Nomor   : 112/SPMS/IM/II/2015                                                                      21  Februari 2015
Hal                     : Pesanan Peralatan kantor


Yth. Kepala Devisi Pemasaran
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)



Dengan Hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak beserta brosur terlampir , tanggal    8 Februari 2015 yang lalu. Bersama surat ini kami sampaikan bahwa tertarik dengan produk yang Bapak tawarkan, selanjutnya kami mempertimbangkan dengan seksama dan diputuskan bahwa kami memesan barang – barang sebagai berikut :


No
Jenis Barang
Jumlah Barang
1
Binding machine
5 (lima) unit
2
Mesin foto copy merk Bosta  type  Bs F532
1 (satu) unit
3
Pemotong kertas merk Bosta type XA 1
5 (lima) unit

Kami berharap barang sudah kami terima sebelum tanggal 25 Februari 2015 dan pembayaran akan kami lakukan setelah barang kami terima.

Atas perhatian Bapak, kami sampaikan terimakasih.



                                                                                                                                       Hormat Kami,
http://aksaralogy.files.wordpress.com/2011/01/varia-sign.gif

                                                                                                                        


                                                                                                                                                     James Pradopo, MBA





Our Contact : Telp. (031) 7416727 Fax.(031) 7416728
IKATAN PENGUSAHA INDONESIA
Wilayah Jawa, Bali dan Sekitarnya
Sekretariat Jl. Raya Darmo No. 145  Surabaya ( 60226 )
Telp. 031 70997099, Fax. (031)70667066


Nomor   : 22/SP/I/2015                                                                                             3 Januari 2015
Lampiran           :
Hal                     : Undangan


Kepada :
Yth. Kepala Devisi Pemasaran
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)



Kami mengharap kehadiran Saudara selaku Ketua Ikatan Pengusaha Indonesia wilayah Jawa - Bali dan sekitarnya, pada :

               Hari, tanggal   : Sabtu, 10 Januari 2015
               Pukul               : 08.00 – selesai
               Tempat                        : Hotel Sheraton
                                                     Jalan Embong Malang No. 25 – 32
                                                     Surabaya ( 60261 )
                   Keperluan                : Pemateri bidang wirausaha untuk pengusaha profesional
  Indonesia

Atas Kehadiran Saudara kami sampaikan terima kasih




                                                                                        Panitia,
                                                                                       

                                                                                        Tamibisono Geral






Malang, 12 Januari 2015


Kepada :
Yth. Bapak / Ibu Pimpinan Personalia
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca di harian Jawa Pos, tanggal 10 Januari 2015 tentang lowongan pekerjaan, dengan ini saya bermaksud mengajukan permohonan kerja sebagai sekretaris / staf Administrasi di perusahaan yang bapak /ibu pimpin.
  
Nama Saya Anisah Prawesti, usia 22 tahun, alamat Jl, Raya Singosari No.22 Malang        ( 65153 ), Pendidikan lulus SMK program keahlian administrasi Perkantoran dan melanjutkan pendidikan terakhir D1 Sekretaris. Saya mampu berbahasa Inggris secara aktif, dan menguasai beberapa program komputer  MS. Word, MS. Excel, MS. Powerpoint dan Publisher. Saat ini saya baru menyelesaikan pendidikan, tetapi saya yakin dapat bekerja dan melaksanakan tugas dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya sertakan beberapa berkas, foto copy ijasah dan transkrip, pas foto, daftar riwayat hidup serta beberapa berkas lainnya.
Besar harapan saya untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan Bapak/ibu.

Demikian permohonan kerja dari saya. Atas perhatian Bapak/ibu saya sampaikan terima kasih



                                                                                                                             Hormat saya,
                                                                                                                             Anisah P
                                                                                                                             Anisah Prawesti






PT. KARYA USAHA MANDIRI
Jl. Cokroaminoto No. 104
SURABAYA (60264)


21 Januari 2015

Nomor   : 43/PM/I/2015


Ir. Raihan Baskoro
Kepala Devisi Umum
PT. SARANA PRODUKSI JAYA
Jalan Pahlawan No. 104
Surabaya (60174)


Dengan Hormat,

Terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk membicarakan kemungkinan penanganan layanan system Jaringan IT di perusahaan Bapak.

Bapak telah membaca proposal system Jaringan IT serta menyetujui perancangan informasi antar lokasi cabang dan kantor pusat. Demikian pula Bapak telah menyetujui detail anggaran yang di butuhkan, rencana waktu implementasinya, dan sumber daya yang diperlukan ( operasional jaringan )

Kami telah menyiapkan kontrak kerja Proyek PT. Sarana Produksi Jaya. Apabila disetujui kontrak kerja ini dapat kita tandatangani hari Senin, 26 Januari 2015 di Surabaya Kantor Pusat PT. Sarana Produksi Jaya. Kami menunggu konfirmasi dari Bapak.

Atas kerja samanya kami sampaikan terima kasih.


Hormat kami,

bAYU perdana

Bayu Perdana, SE
Manager Pemasaran



TUGAS   5   :  MENGELOLA KAS KECIL

                                                                                                                                                      
1.       Petunjuk Kerja
a.     Baca secara cermat soal terlampir
b.    Lakukan pembukuan sesuai prosedur
c.     Ketik dengan menggunakan aplikasi MS. Excell

2.            Alat dan Bahan
a.    Komputer
b.    Printer
c.    Kertas HVS ukuran A4
d.   Map snelhechter
e.    Format bukti kas masuk
f.     Format bukti kas keluar
g.    Kertas double folio bergaris
h.    ATK
3.            Alur Kegiatan
a.    Mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan
b.    Mencatat transaksi tersebut menggunakan bukti penerimaan kas dan bukti  
     pengeluaran kas
c.    Membuat catatan pembukuan kas kecil dengan System Imprest
d.   Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4
e.    Simpan bukti transaksi penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas pada ordner  yang tersedia sesuai sistem yang digunakan

4.            Hasil yang diharapkan
Laporan pengelolaan kas kecil beserta bukti – bukti transaksi pada bulan Februari 2015 , bukti-bukti tersebut diisi dengan benar dan disusun secara kronologis  simpan dalam map snelhechter yang tersedia.




















SOAL MENGELOLA KAS KECIL

Anda diminta untuk membukukan transaksi – transaksi yang telah dilakukan selama bulan Februari 2015,  dana kas kecil ditetapkan sebesar Rp. 6.000.000,00 setiap bulannya dengan menggunakan System Imprest.
Tentukan berapa dana yang perlu ditambahkan untuk pengisian petty cash berikutnya,

Pos-Pos Pengeluaran adalah sebagai berikut :
·         201   Konsumsi
·         202   Alat Tulis Kantor
·         203   Telepon, PDAM, Listrik
·         204   Foto Copy
·         205   Transportasi
·         206   Lain-lain

 Berikut ini transaksi – transaksi yang dilakukan selama bulan Februari 2015  :

1.        Tanggal    2 Februari 2015  Saldo bulan Januari 2015 adalah Rp. 450.000,00
2.        Tanggal  18 Februari 2015 Biaya servis komputer Rp. 82.000,00
3.        Tanggal    4 Februari 2015 Konsumsi rapat internal untuk 5 orang Rp. 75.000,00
4.        Tanggal    6 Februari 2015 Langganan  koran  dan  majalah  untuk ruang tamu
Rp. 143,000,00
5.        Tanggal    6 Februari 2015 Taksi Bapak Raihan ke Disperindag Rp. 67.000,00
6.        Tanggal  16 Februari 2015 Pembelian gula, teh dan kopi untuk keperluan kantor
Rp. 49.000,00
7.        Tanggal    5 Februari 2015  Membayar foto copy dan jilid untuk laporan hasil
rapat tanggal 4 Februari 2015 Rp. 73.250,00
8.        Tanggal 17 Februari 2015   Membayar rekening telepon Rp. 553.000,00
Membayar PDAM Rp. 626.300,00
Membayar rekening Listrik Rp. 1.317.500,00
9.        Tanggal 23 Februari 2015   Taksi Bapak Raihan ke kantor cabang Bali              
Rp. 68.000,00
10.    Tanggal   9 Februari 2015   Membeli 1 lusin hanging map @ Rp. 8.500,00 dan   
3 buah tip-ex @ Rp. 19.000,00
11.    Tanggal 27 Februari 2015   Pembelian pertamax untuk mobil kantor 15 liter        
@ Rp. 10.800,00
12.    Tanggal 20 Februari 2015   Membeli 3 rim kertas HVS A4 @ Rp.  42.000,00 / rim
dan 2 lusin ballpoint Faster @ Rp. 38.000,00 / lusin
13.    Tanggal 11 Februari 2015   Pemberian tip petugas kebersihan untuk memindahkan
perabot kantor 2 orang sejumlah Rp. 70.000,00
14.    Tanggal 26 Februari 2015   Bunga duka cita untuk keluarga karyawan               
Rp, 425.000,00
15.    Tanggal 25 Februari 2015   Membeli 1 buah cartridge untuk printer Rp. 350.00,00
16.    Tanggal 12 Februari 2015   Biaya servis AC 2 ruangan kantor @ Rp. 65.000,00
17.    Tanggal 13 Februari 2015   Pembelian pertamax untuk mobil kantor 10 liter        
@  Rp. 10.800,00
TUGAS   6   :  MENANGANI PERJALANAN BISNIS

                                                                                                                                                      
1.       Petunjuk Kerja
a.       Anda diminta untuk membuatkan daftar perjalanan bisnis pimpinan dengan data informasi yang telah tersedia. ( terlampir )
b.      Susunlah data-data dan informasi tersebut sehingga memudahkan pimpinan anda untuk melakukan kegiatan.
c.       Ketik dengan menggunakan aplikasi MS Word / MS Excel

2.            Alat dan Bahan
a.       Perangkat komputer dan printer
b.      Kertas HVS ukuran A4
c.       Stapler dan Staples
d.      Kalender meja tahun 2015 dan ATK
3.            Alur Kegiatan
a.       Cermatilah setiap informasi agar jadwal dapat tersusun dengan rapi dan benar
b.      Membuat  format jadwal perjalanan bisnis pimpinan yang lengkap sesuai  
      kebutuhan
c.       Masukkan data – data kegiatan secara kronologis
d.      Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4

4.            Hasil yang diharapkan
Daftar perjalanan bisnis pimpinan tersusun dengan benar, jelas, informatif dan
lengkap.



SOAL PERJALANAN BISNIS PIMPINAN


Pimpinan anda akan mengadakan perjalanan bisnis ke Denpasar dari tanggal           9 Maret 2015 sampai dengan 12 Maret 2015. Berangkat dari Surabaya tanggal        9 Maret 2015 dengan penerbangan Lion 804 pukul 6:05 am dan rencana kembali ke Surabaya pada tanggal 12 Maret 2015 dengan penerbangan Garuda Indonesia 340, Pukul 2:20 pm.  Ada perbedaan waktu 1 jam antara Surabaya dan Denpasar.















Kegiatan perjalanan adalah sebagai berikut :


1.        Tanggal 9 Maret 2015, Check in Hotel Mercure Kuta
2.        Pukul 10.00 kunjungan ke kantor cabang PT. Sarana Produksi Jaya Jl. Untung Suropati No. 107 Denpasar – Bali
3.        Makan Siang bersama MR John Thomas Direktur FGG Ltd
4.        Janji dengan Bapak Wayan Pratama, Marketing Manager Denpasar Vigor pk 14.00
5.        Tanggal 10 Maret 2015 pk. 09.00 ke Singaraja janji dengan Bapak Antonius Direktur PT. Cahaya Putra Abadi
6.        Main golf bersama bapak Antonius dan Mr. John Thomas pk. 15.00 di Nirwana Bali, Tanah Lot, Kediri, Tabanan – Bali
7.        Tanggal 11 Maret 2015 pk. 08.00 – 12.00 janji dengan Mr. Thomas Jules ke Dewa Jules Indonesia
8.        Mengunjungi Bali Art Centre pk. 14.00, Denpasar
9.        Tanggal 12 Maret 2015 pk. 09.00 janji dengan Bapak Krisnaya, Direktur PT.   Krisnaya Agung, Jalan Gunung Agung No. 223, Denpasar-Bali, dan Kembali ke Surabaya dengan penerbangan Garuda Indonesia 340, Pukul 2:20 pm.
10.    Janji dengan Bapak Cahya Gunawan di Sheraton hotel, Surabaya pk. 18.00.


























TUGAS  7  :  MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET
     DAN E-MAIL

1.         Petunjuk Kerja
a.    Komputer telah terhubung dengan jaringan internet sesuai dengan kebutuhan untuk membuka program Web Browser,
b.    Anda diminta oleh pimpinan untuk mencari informasi di internet tentang Situs ( web ) yang menawarkan program training bulan Februari 2015 atau Maret 2015.
c.    Anda bisa mencari melalui google di alamat http://www.google.co.id/

2.         Alat dan Bahan
a.    Komputer yang telah terhubung dengan internet
b.    Printer
c.    Kertas HVS A4

3.   Alur Kegiatan
a.         Membuka internet dengan browser anda
b.        Cari informasi tersebut
c.         Pindahkan informasi yang didapat ke dalam word procesing, maksimal 2 halaman dan lakukan pengaturan dengan baik sehingga tampilannya rapi dan menarik.
d.        Simpan menjadi sebuah file dokumen dengan nama file nomor peserta anda
e.         Kirim data tersebut ke alamat e-mail ( penguji menyiapkan alamat e-mail )
f.         Edit dan cetak hasilnya.

4.    Hasil yang diharapkan
a.    Kesesuaian antara permintaan ( soal ) dengan hasil penelusuran
b.    Keterbatasan informasi yang ada didalamnya
c.    Hardcopy yang tercetak secara menarik
d. Isi pesan pada e-mail dan pengiriman dokumen melalui e-mail


SOAL MENCARI INFORMASI MELALUI INTERNET

Pengelolaan kantor yang baik dan modern ( sesuai tuntutan zaman ) akan berdampak pada efisien dan efektifitas perusahaan secara keseluruhan. Kantor merupakan pusat sistem administrasi. Maka dari itu personil yang terlibat dalam kegiatan kantor harus memiliki pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai Administrasi Perkantoran. Pimpinan anda Bapak Ir. Raihan Baskoro yang berencana akan mengikuti program training “ MANAJEMEN ADMINISTRASI PERKANTORAN MODERN “,  anda diminta untuk mencarikan informasi :

1.    Tempat Training di Jakarta / Yogyakarta / Surabaya pada bulan Februari 2015
      atau bulan Maret 2015
2.     Materi, fasilitas, kuota dan pendaftaran.





TUGAS   8           :  PENANGANAN TELEPON


1.   Petunjuk Kerja
a.   Menerima panggilan telepon
·             Saat Anda sedang mengerjakan tugas, penguji akan menelepon Anda
·             Siapkan Lembar Pesan Telepon ( LPT ) serta hal lain yang diperlukan.
b.   Melakukan panggilan telepon
·        Anda akan diminta penguji untuk melakukan kegitan menelepon.
·        Siapkan Block Note serta hal lain yang diperlukan
c.    Berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
       sesuai pilihan peserta

2.   Bahan dan Alat
a.         Pesawat Telepon
b.        Lembar Pesan Telepon ( LPT )
c.         Block Note
d.        Alat tulis

3.   Alur Kegiatan
a.         Menjawab segala informasi yang diperlukan sipenelepon
b.        Catat  informasi / pesan   yang diterima  pada format  Lembar Pesan Telepon    ( LPT )
c.         Membuat catatan hal – hal apa saja yang akan disampaikan ke relasi melalui telepon pada format block note.
d.        Melakukan panggilan telepon kepada relasi yang di minta pimpinan
e.         Berikan informasi kepada relasi yang ditelepon sesuai kebutuhan

4.   Hasil yang diharapkan
a.        Dapat menerima telepon dengan baik dan benar, dengan sikap dan etika bertelepon yang sesuai dengan standar
b.       Lembar pesan telepon ( LPT ) dapat diisi dengan rapi dan benar
c.        Dapat melakukan panggilan telepon sesuai dengan aturan dan etika dalam bertelepon dan materi yang disampaikan sesuai dengan permasalahan yang diminta
d.       Penggunaan Block Note dilakukan dengan tepat dan isinya sesuai dengan permasalahan yang diminta










SOAL PENANGANAN TELEPON

A.   Menerima Panggilan Telepon

Pada saat anda sedang sibuk menyelesaikan pekerjaan rutin, tiba-tiba telepon berdering dan anda sebagai sekretaris harus menangani telepon masuk dan menjawab segala informasi yang diperlukan sipenelepon.

                 Penelepon                       :           Ade Ayu sekretaris Bapak Irwansyah direktur         
PT. PUTRA GADING, Jalan Sriwijaya No. 27
Mataram telp (370) 636283

                    Masalah               :           Beliau ingin bertemu dengan pimpinan anda pada
                                                                        hari kamis tanggal 5 Maret 2015, pukul 10.00 di
kantor kami, beliau ingin mendiskusikan kerjasama pemasaran produk Epson untuk wilayah Surabaya , kami menunggu konfirmasi anda secepatnya.
           

B.   Melakukan Panggilan Telepon

Anda diminta untuk menelepon Bapak Drs. Andi Pesesa, SE   PT.Wira Karya
Express yang berlamat di Jl Embong Malang III / 207b Surabaya. Perusahaan tersebut bergerak di bidang distributor peralatan kantor. Memberitahukan bahwa Bapak Raihan Baskoro bersedia mendiskusikan kerjasama pemasaran Produk Canon yang diselenggarakan pada hari rabu tanggal 13 Maret 2015 pukul 10.00-12.00 di Hotel Sangrila Jl. May. Jend. Sungkono 120 Surabaya       ( 60256 ), kami menunggu konfirmasi secepatnya.




















TUGAS   9           :  TUGAS PRESENTASI


1.                   Petunjuk Kerja
a.         Kerjakan soal presentasi dengan tema di bawah ini yang merupakan pilihan tema / topic
b.        Tema tersebut bukan keharusan untuk digunakan sebagai judul presentasi, melainkan dapat dikembangkan sesuai dengan cakupan tema
c.         Waktu untuk presentasi adalah kurang lebih 10  menit setiap peserta uji
d.        Anda bisa mencarinya melalui situs http://www.google.co.id/ dan mengunduh salah satu tema atau judul presentasi tersebut.
e.         Buatlah materi presentasi dengan menggunakan aplikasi MS. Power Point.

2.                   Bahan dan Alat
a.         Komputer dengan aplikasi ppt
b.        LCD
c.         Flash disk
d.        Modem / WIFI area

 3.   Alur kegiatan
a.    Mempersiapkan alat dan bahan yang akan dipresentasikan
b.    Memaparkan tema presentasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
c.    Jumlah paparan minimal 4 slide dan maksimal 6 slide untuk dipaparkan

 4.   Hasil yang diharapkan
Presentasi dapat dilakukan dengan baik dan menarik, penguasaan materi, penggunaan Bahasa Indonesia / Bahasa Inggris, penampilan, pembuatan slide, etika dan tata cara presentasi dapat dilakukan dengan baik.


 Tema Presentasi

1.                    Pekerjaan Sekretaris
2.                    Pentingnya tata krama bagi sekretaris
3.                    Tantangan Sekretaris
4.                    How to be a good Secretary
5.                    Qualified Secretary
6.                    The Importment of foreign language for a secretary
7.        The Performance of Secretary


SELAMAT dan SUKSES



Tidak ada komentar:

Posting Komentar